Ada Selai Skippy di Wedang Ronde: Makanan tradisional naik kelas



Indonesia itu selain kaya akan kekayaan alamnya, suku, dan budaya. Indonesia juga kaya akan makanan tradisional dari setiap provinsi. Bahkan salah satu makanan Indonesia diakui oleh dunia, bahwa Rendang itu makanan terenak di dunia! Yoyoi, emang nggak salah sih, buktinya di “rumah kita” sendiri pun, banyak sekali rumah makan Padang berseliweran di berbagai daerah. Itu artinya, setiap lidah orang cocok dengan makanan Padang, terutama Rendang.

Eits, saya nggak akan lebih jauh lagi membahas makanan Padang. Karena saya akan mengajak kamu pindah pulau ke Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah. Yap, di Jawa Tengah juga banyak sekali makanan tradisional yang enak-enak. Dan, yang mau saya bahas di sini, adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang cocok disajikan saat cuaca dingin, yaitu Wedang Ronde.

Apa sih Wedang Ronde? Bagi yang belum tahu makanan yang satu ini, saya akan jelaskan secara singkat, padat, dan enak. Haha, iya.. Wedang Ronde itu enak banget! Apalagi ada salah satu rahasia yang bikin Wedang Ronde semakin enak dimakan!

Jadi, Wedang Ronde ini adalah panganan yang terbuat dari tepung ketan yang dibulatkan dengan isian kacang tanah yang dilengkapi dengan kuah jahe yang super nikmat! Makanan Wedang Ronde ini memang disajikannya saat panas dan paling pas dimakan saat cuaca dingin, karena Jahenya akan membuat tubuh kita jadi hangat.

Wedang Ronde yang saya buat tidak lagi sama seperti pada umumnya. Isian tepung ketannya, tidak pakai kacang tanah, tetapi saya pakai selai Skippy loh. Alasan saya memakai selai Skippy sebagai isian tepung ketannya, karena memiliki manfaat yang saya butuhkan. Di dalam selai Skippy terdapat 210 kalori! Buat saya yang butuh asupan makanan dengan kalori yang tinggi, selai Skippy adalah solusinya. Dan, saya pun tergiur untuk membuat camilan Wedang Ronde yang saya sukai sejak masa kecil dengan isian selai Skippy!




Skippy banyak variannya, seperti Skippy Creamy Peanut Butter, Skippy Chunky Peanut Butter, dan Skippy Chocolate Peanut Butter, dan lain-lain. Selai Skippy mudah saya temui di mini market terdekat. Untuk isian Wedang Ronde, saya memilih Skippy Chunky Peanut Butter sebagai isian Wedang Ronde yang renyah saat dimakan.

Jadi tambah penasaran kan, bagaimana saya membuat Wedang Ronde isi selai Skippy? Langsung aja, coba ikuti resep gaya saya ya, semoga suka!

Bahan ronde:


300 Gram tepung ketan (masing-masing 100 gram untuk ronde yang berwarna-warni);
Pewarna makanan (saya memakai warna hijau, merah cabe, dan ungu);


Bahan isi:

selai Skippy yang sudah dicampur gula pasir

2 Sendok makan penuh selai Skippy Chunky yang sudah dibekukan;
75 Gram gula pasir.

Bahan kuah:


750 ml air;
2 batang serai;
3 lembar daun pandan;
2 Jahe.  

Cara membuat:




Cara membuat ronde:

1. Tepung ketan dicampur air hangat sedikit-sedikit dan dicampur dengan pewarna makanan. Untuk setiap warna, wadahnya dibuat terpisah. Aduk hingga kalis atau tidak lengket di tangan;

2. Untuk isinya: Ambil selai Skippy yang sudah dibekukan dan campurkan dengan gula pasir dua sendok makan;

3. Ambil adonan ronde secukupnya. Pipihkan dan isi dengan selai Skippy, bentuk adonan menjadi bulat;

4. Masak air hingga mendidih, dan masukkan ronde yang sudah menjadi bulat. Rebus sampai ronde mengapung, lalu angkat dan tiriskan. 

Cara membuat kuah:

1. Geprek serai dan jahe; 

2. Campur semua bahan kuah, seperti serai, jahe, daun pandan dan gula pasir ke dalam air. Panaskan hingga mendidih dan tercium wangi jahe. 

Cara penyajian: 

1. Ambil mangkok atau gelas;

2. Masukkan ronde, kacang mete dan tuangkan kuah ke dalam mangkok atau gelas;

3. Makanlah selagi hangat. 


Bagaimana, mudah kan cara membuat Wedang Rondenya? Apalagi diisi dengan selai Skippy yang membuat Wedang Ronde menjadi makanan penuh gizi. Mau tahu lebih banyak lagi resep yang enak-enak pakai selai Skippy? Kamu bisa ceki-ceki di sini Skippy Peanut Butter. Hasil masakanmu, jangan lupa di share di media sosial: mention atau tag ke akun Instagram SkippyTwitter Skippy, dan Fanpage Skippy 

Kalau kamu, sudah buat makanan apa pakai selai Skippy? 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

3 komentar:

  1. Wah keren dah pokonya, wedang rondenya warna warni gitu, ada ungu, merah, sama hijau. Biasanya kalo saya beli warnanya cuma putih saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya warna-warni kayak pelangi.. hehhee.. ada kok yang jualan warna rondenya berwarna-warni..

      Hapus