Rasanya Bikin Bujo yang Kekinian





Bujo itu singkatan dari bullet journal. Semacam to do list kamu yang udah kamu plan agar hidupmu lebih terarah. Catat hal-hal apa pun juga bisa di bujo sih. Selain biar terarah, waktumu tidak akan terbuang sia-sia. Karena hidup jadi lebih produktif. Yaaay! Buat yang pelupa kayak aku, bujo ini berfaedah bingit.

Nah, kalau masalah me-manage apa pun udah biasa banget dari zaman masih sekolah SD. You know what pas SD saya sering banget buat jadwal keseharian saya dari mulai bangun sampai kembali tidur. Pake waktu, ditulis di buku tulis sidu terus ditempel di meja belajar. 
Beralih ke zaman SMP, udah ada tuh yang namanya orgi (singkatan dari buku organizer) dan binder. Fungsinya? Buat isi biodata anak kelas. Terus, punya beberapa buku journal (ini karena bokap sering banget dapet book journal dan dikasihkan ke saya).

Terus, zaman SMA waktu mondok, saya punya buku kecil dan hampir penuh dengan tulisan. Yap! Tulisan apa aja numpuk di sana. Mulai dari wishlist, curhatan, utang, catet PR apa aja yang kudu saya kerjakan, apa aja yang besok saya harus kerjakan, dll. Semacam bujo tapi tulisannya acak kadut gitu lho, gado-gado banget!

macam-macam bentukan notes gue (yang kebanyakan dikasih bokap)

Kebiasaan corat-coret itu sampai tahun 2013. Mulai dari tahun 2013 (kalau nggak salah) saya nggak mainan buku kecil itu lagi dengan coret-coretan. Saking, asiknya dengan media sosial. Jadinya, semua tulisan numpuk di gawai. Mulai dari curhatan, agenda hidup, dll.
  
Tahun 2013, saya memulai membuat life journal. Sifatnya lebih pribadi banget, dari hal cerita usia (semacam flashback), nulis kelebihan dan kekurangan diri yang saya sadari, terus wishlist saya catat dengan 100 poin yang saya tulisi entah itu terwujud atau belum, dll. Kan kita hanya berencana Allah yang menentukan. Karena bebikinan ngayal kayak gitu oh sungguh asik. Hehe.. 

Daaan.. mulai tahun 2017 inilah entah bagaimana saya jadi doyan searching bujo. Kemudian saya bergairah kembali untuk me-manage hidup. Karena menurut saya, bikin bujo kekinian itu seru. Saya bisa berkreasi sendiri. Hobi saya yang suka mainan kertas, tulisan serta gambar hadir lagi. 
Saya sih seneng banget bikin bujo kekinian. Ya selain biar hidupnya teratur, bujo adalah obat anti galau saya. 

Jadi penasaran nggak, bujo saya seperti apa? Boleh kok ditengok-tengok. Bujo saya bisa dilihat di sini. Semoga menginspirasi ya! Aammiinn.  

6 komentar:

  1. Zaman SMP dulu aku sering nulis di diary mba.. hahahaha.. mirip agenda bujo begini, tapi nulis nya di diary.. sampe di tempel2 sama sticker lucu. Udah kenal dengan blog, diary nya skrg udah nggak ke pake 😜

    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  2. Aku juga lagi demen-demennya nyari bujo, tapi belum sempet nerapinnya 😣

    BalasHapus
  3. aku dari SD suka banget bikin diary, tapi setelah perah kegap dan dibaca orang rumah jadinya males bikin lagi wkwkwkwkkw

    BalasHapus
  4. Jadi inget zaman ABG sempet hits banget namanya Orgy yah atau planner trus tuker tukeran sama temen buat isi isi curhat atau biodata... :D Btw aku sama kayak Ifa pernah punya diary tapi sempet kebaca sama keluarga jadi males dan trauma nulis lagi.. hehee mending ngeblog aja sekalian :D

    www.inkaparamita.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inka, samaaaa.. Jaman2 kita kynya Orgy yah hahaha..

      Skrg sih gw lbh banyak nulis di memo HP :D

      Hapus