Selasa, 25 Oktober 2016

Agar blogmu enak dibaca





Menulis yang baik emang nggak gampang, perlu jam terbang yang tinggi alias biasain nulis di mana pun dan kapan pun. Menulis biar dibaca enak oleh orang lain, juga nggak gampang, lagi-lagi perlu banyak membaca tulisan orang lain. Tujuannya sih, biar bisa ngebandingin tulisan kita dengan orang lain. Jadinya, kan kita paham apa yang kita baca itu, tulisannya enak atau nggak enak (yang tahu kita sendiri) 

Kalau kamu baca tulisan orang lain dari awal sampai akhir dan akhirnya kamu paham dengan maksud tulisannya. Berarti tulisannya enak dibaca. Apalagi kalau kamu membacanya tanpa jeda (nunda makan, baru baca lagi) 

Nah! saya ingin mencoba sharing apa yang saya rasakan saat membaca tulisan orang terutama blog orang lain. Sharing tentang bagaimana tulisan kita biar enak dibaca oleh orang lain juga sih sebenarnya. 
Oya, saya menelaah dari sudut pandang seorang pembaca ya, abaikan SP editor. Soo, ya this is.. 

Apa yang harus diperhatikan ketika menulis: 

1. EYD terutama kata depan

Saya suka gemes banget sama orang yang tidak memperhatikan EYD yang sejak SD, kita sudah diajarkan "kata depan". Kita harus bisa membedakan kata "di belakang" sama "dipakai" jelas beda ya, untuk kata keterangan tempat pemakaian kata "di" itu seharunsya dipisah. Hal sesimpel itu saja sebenarnya bisa ngebuat pembaca perhatian EYD terganggu kenyamanan membacanya lho. 

2. Sistematis

Seringnya, saya malah menskip tulisan orang yang semua paragrafnya tidak ada ide pokok, terlalu banyak basa-basi yang mereka tulis. Kata-katanya selalu diulang-ulang, maksud dan tujuannya selalu muter-muter sampai saya pusing bacanya. Alangkah baiknya, tulisan di blog hanya beberapa paragraf saja tapi jelas maksud dan tujuannya. Dan, yang terpenting sebuah tulisan utuh itu harus berirama: opening-pokok bahasan-kesimpulan-penutup. Udah gitu aja simpel.

3. Goal dari yang kita tulis

Apa pun tulisan yang kita tulis di mana pun, harus mempunyai goal atau benang merah yang akan kita sampaikan. Nggak mungkin dong, nulis nggak ada maksud dan tujuannya. Tapi, kebanyakan kita tidak mudeng dengan goal yang kita tulisi sendiri. Nah, biar memudahkan kita mendapatkan goal-nya perlu dibuatkan map menulisnya. Ya.. walaupun agak riweuh sih.

4. Interaksi 
 
Sekarang media apa pun, jenis komunikasinya tidak hanya satu arah saja. Media sosial sudah ranahnya komunikasi dua arah. Komunikasi yang membutuhkan interaksi. Ada feedback di dalamnya. Seperti blog yang tersedia kolom komen, fungsinya yang jelas untuk mengomentari hasil tulisan yang orang lain baca. Oke, karena blog sudah menyediakannya untuk kita. Kayaknya sih perlu untuk kita membuat a little interaction with the people who reads our blog. Contohnya di akhir tulisan, kita membuat satu pertanyaan saja yang mengundang orang lain untuk gemes menjawab pertanyaan kita. Kadang, saya malah bingung mau komentar blog orang yang kontennya flat. Dan, kalau ada interaksi, pastinya saya malah suka komen yang ditanya di blog tersebut.

Semoga bermanfaat, sedikit trik dan tips untuk aku dan kamu. 

19 komentar:

  1. Balasan
    1. Sama-sama hana... aku belum mampirin blog kamuuu nanti yawh.

      Hapus
  2. Mantabs deh masukan bu editor, EYD itu masih susah gie terapin (yang lain juga sih) hehehe....boleh lah jadi police blog gie mbak (kemudian dilempar konde) hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dibayar mau gie, jadi police blog anggi :P

      Hapus
  3. Mantabs deh masukan bu editor, EYD itu masih susah gie terapin (yang lain juga sih) hehehe....boleh lah jadi police blog gie mbak (kemudian dilempar konde) hahaha

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Asik dikasih tips ibu editor😚 soal EYD, kayaknya aku masih banyak skipnya deh ini hahaha

    BalasHapus
  6. EYD nih aku masih kuranggg.. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan ditambahin, buyu. hehe

      Hapus
  7. EYD.. hmmm.. hahaha.. *aduh langsung mikirin tulisan2 akuuh* makasih tipsnya ya Idhaan

    BalasHapus
  8. Aku dong suka nulis kepanjangan, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa2 panjang asal ngena di hati.. hehe

      Hapus

  9. Waah aku banhe ini di awal tulisan suka curcol dulu galangsung ke inti hehehe maksudnya sih mau bridging tp gatau kalai jatohnya bikin bosen.

    Eyd pun kayanya aku msh banyak kurang di mana mana.

    Tolong komentarin blog aku kakak bagian mana aja yg harus ku perbaiki hehehe. Maacih. Mwah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bridging bisa 3 kalimat cukup kok fa.. hehe
      Belajar EYD nyicil dari sekarang biar semakin kece ifanya :*
      Ah bayaarrr lah :P

      Hapus
  10. Makasih tipsnya, Kak Idhan^^ btw, kak Idhan editor kah? aaaw pekerjaan impian akuuu *curhat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama dianti :* Iya alhamdulillah masih bisa ngacak2 tulisan orang. hehe

      Hapus
  11. Duch aku selalu galau sama EYD, blog ku berantakan struktur bahasa nya ihik ihik

    BalasHapus