Selasa, 15 Desember 2015

Bulan Terbelah di Langit Amerika



Kok bisa bulan terbelah? Penasaran? Jadi, sampai saya tahu akhir cerita ini, barulah terkuak bulan memang bisa terbelah. Lho, emang ini film tentang apa? 
 
Ini adalah film untuk mengembalikan citra Islam yang sempat tidak dilihat dari sisi kebaikannya saja. Setelah 11 September tahun silam. Islam itu rahmatan lil ‘alamin yang penuh kedamaian dan hal-hal baik, tapi mengapa justru itu yang tidak dilihat oleh orang-orang yang islamophobia?? 

Film ini diawali dengan scene Azima Hussein yang diperankan oleh Rianti Cartwright dan Ibrahim Hussein, suaminya, yang merayakan hari ulang tahun anak mereka. Adegan memberikan sebuah Al-Qur`an sebagai hadiah ulang tahunnya dengan memberikan sepotong nasihat dari Husein, membuat film ini memberikan meaning yang ingin disampaikan pada adegan selanjutnya. Bahwa Al-Qur’an sebagai kitab petunjuk umat muslim, sebagai rahmatan lil ‘alamin. 

Film ini cukup membuat saya bergidik, ketika Azima memiliki mimik keterkejutan saat menonton berita, gedung WTC dibom. Padahal, ketika itu sang suami sedang berada di Gedung tersebut. Dari sinilah, suami Azima dituduh sebagai penyebab kematian orang-orang di gedung itu

Beralih ke scene selanjutnya, pada sebuah negara yang megah dan besar, New york. Hanum yang diperankan oleh Acha Septriasa dan Abimana sebagai Rangga dengan senang hati meninggalkan Wina, ibukota Austria dengan rencana masing-masing.
Hanum ditugaskan untuk menulis artikel dengan tema, apakah dunia akan lebih baik tanpa Islam? Sedangkan Rangga ditugaskan oleh profesor Reinhard, untuk mewawancari Philipus Brown seorang milyarder di Amerika. Hubungan Hanum dan Rangga diwarnai persinggungan konflik di antara mereka. Dimulai ketika Rangga menghilangkan map kuning milik Hanum di dalam taksi. Map kuning itu berisi korespondensi yang Hanum harus tuju, seorang narasumber Azima Hussein yang berganti nama Julia Collin, seorang wanita muslim yang memilki suami bernama Ibrahim yang tewas ketika 11 september di WTC dan dituduh sebagai teroris. 

Rangga tidak menyerah menghubungi Chris, si sopir taksi yang telah membawa map kuning itu pergi entah ke mana. Hanum juga begitu, mencoba mencari tahu alamat Julia Collin. Dengan bantuan Jasmine yang diperankan oleh Hannah Al Rashid, Hanum berhasil mendapatkan alamatnya.
Rangga dengan sosok suami yang bertanggung jawab sangat cocok diperankan Abimana yang terlihat natural memainkan film ini. Di tengah kesibukan Rangga yang ingin mewawancari Philipus Brown, ia tidak lupa pada istrinya. Tanggung jawab istri ada padanya. Walau Hanum sendiri nampak yakin, si Rangga mengacuhkannya dan hanya memikirkan tugas pentingnya saja.

Sayangnya, Abimana yang berperan sebagai Rangga ketika memerankan adegan mendapatkan informasi map kuning tersebut mimik muka tidak nampak ekspresif.  
Scene yang sangat saya sukai ada pada ini, ketika Hanum berhasil masuk ke rumah Azima dengan terlebih dulu ia salah memasuki rumah orang dan mendapatkan diskriminasi wanita berhijab, atau lebih tepatnya seorang muslim, yang menyebabkan anaknya tewas dalam insiden 11 Sepetember 2001. 

Hanum juga berhasil meyakinkan Azima untuk mau diwawancarai, walau sebelumnya ia sempat diusir. Hanum juga berhasil meyakinkan tetangga Azima bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin, pembawa kedamaian.  
Hanum tanpa ditemani sang suami, berhasil mewawancari Azima dan mendapatkan data-data yang valid. Namun, Hanum kembali marah dengan Rangga karena tidak bisa memenuhi janjinya menemani Hanum pergi untuk mewawancari Micheal Jhon, seorang yang menolak pembangunan Mesjid di Ground Zero. Bukannya tidak mau menemani Hanum. Namun, di waktu yang bersamaan, Rangga harus menemui Philipus Brown.

Mulai dari sini, alur konflik semakin terbuka. Apa yang terjadi ketika Hanum dan Rangga tidak saling bersatu di Amerika? Akankah dunia lebih baik tanpa Islam? Jawabannya ada pada film ini, nantikan tayangan filmnya, serentak di bioskop kesayangan Anda pada tanggal 17 Desember 2015…


7 komentar:

  1. Hai Mba, keren nih yg pertama submit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, iya Nia.. :)
      Blog kamu apa namanya?

      Hapus
  2. Salam kenal Mba :) semoga bisa ketemu lagi di event IHB yang lain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam balik, semoga ada kesempatan, biidzinillah
      blog kamu apa?

      Hapus
    2. amin :D blog hana: The Luckiest Hanabilqisthi.blogspot.com :D

      Hapus
  3. Ahay akhirnya blogwalking ke sini. Jadi ketagihan ini nobarnyaaa, hihihi..

    BalasHapus